Penulis: Brigitta Olivia Selenia

Editor: Monica Evangelista

Halo Sobat MICROBES! Kembali lagi dengan MIMI, kali ini MIMI ingin membahas mengenai kombucha. Sobat MICROBES pasti sudah tidak asing dengan minuman fermentasi seperti yogurt, brem, sake, atau wine. Namun tahukah sobat MICROBES bahwa teh juga dapat difermentasi?

Kombucha merupakan minuman fermentasi dari teh manis, yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Berbagai sejarah menunjukkan perkembangan kombucha di Cina, Jepang, dan Tibet, kemudian minuman ini tersebar dan menjadi popular di Rusia dan Inggris. Adanya proses fermentasi membuat kombucha menjadi minuman berkarbonasi alami dengan rasa yang khas!

Sebagai minuman fermentasi, kombucha merupakan minuman probiotik yang baik bagi kesehatan. Kombucha mengandung berbagai jenis mikroba hidup seperti Acetobacter xylinum, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp. yang meningkatkan kandungan asam asetat, folat, asam amino esensial, serta vitamin B dan C. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat dari kombucha bagi kesehatan antara lain dalam meningkatkan sistem imun tubuh, aktivitas antioksidan, dan penurun tekanan darah.

Pembuatan kombucha cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah, lho Sobat MICROBES! Cukup campurkan teh, air, gula, cairan starter, dan scoby lalu diamkan 6-9 hari. Sobat MICROBES dapat menggunakan berbagai jenis teh, namun teh hitam mengandung nutrisi yang paling baik untuk menumbuhkan scoby.

Scoby merupakan singkatan dari symbiotic culture of bacteria and yeast yang merupakan sumber mikroba yang berperan sebagai agen fermentasi. Scoby berbentuk bulat dan umumnya mengambang pada larutan kombucha. Scoby dapat dibeli secara online ataupun dibuat sendiri. Baik cairan yang terdapat pada scoby tersebut merupakan cairan starter yang ikut ditambahkan saat membuat kombucha.

Pembuatan kombucha sebaiknya menggunakan toples kaca atau keramik yang dapat menampung larutan asam. Setelah difermentasi pada suhu ruang dan jauh dari paparan panas, kombucha dapat langsung dikonsumsi atau difermentasi kembali dengan tambahan buah atau rempah untuk memberikan rasa lainnya pada kombucha. Bagaimana Sobat MICROBES, apakah kalian tertarik membuat kombucha?

Sumber:

How to make kombucha | BBC Good Food

Teh Kombucha, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya? (hellosehat.com)

How to Make Kombucha (A Beginners Guide!) | Brew Buch