Penulis: Monica Evangelista

Editor: Jesslyn Regina Alviana

Halo Sobat MICROBES! Kali ini MIMI akan membahas tentang spesies katak beracun yang memiliki warna menarik yaitu biru terang. Sesuai dengan namanya, katak ini pastinya beracun dan berbahaya jika tersentuh. Namun, apakah benar secara harfiah katak ini dapat mengeluarkan panah? Yuk kita bahas lebih dalam!

Katak biru ini, biasanya ditemukan di habitat yang lembab dan agak basah karena kulitnya yang berlendir tidak cocok di tempat yang kering. Selain itu, mereka hidup di sulur tanaman sekitar satu hingga dua meter dari permukaan tanah dengan warna yang mencolok di tengah kegelapan hutan. Katak ini banyak ditemukan di daerah Brazil.

Katak ini memiliki ukuran yang besar, biasanya dapat mencapai 40-50 mm, bahkan katak betina dapat memiliki ukuran hingga mencapai 60 mm. Punggung katak ini terdapat dua garis kuning yang mencolok dengan kaki yang berwarna hitam atau biru gelap serta banyak titik berwarna kuning atau hitam menghiasinya. Secara umum, penampilan katak ini dapat menarik perhatian siapapun yang melihatnya, namun jangan salah, penampilannya yang menarik justru dapat berujung malapetaka bagi predator yang mengancam keberadaannya.

Katak ini tidak memiliki gigi tajam atau cakar panjang yang melindunginya dari para predator di habitat asli mereka, sehingga mereka mengembangkan cara lain untuk melindungi tubuh mereka, yaitu melalui racun melalui kulit mereka yang basah sepanjang waktu. Racun mereka mampu mencegah saraf mengirimkan impuls dan berujung pada gagal jantung. Kematian tidak dapat terhindarkan dalam waktu 10 menit dan yang lebih berbahaya lagi, tidak ada obat untuk racun dari katak ini.

Namun, tenang saja, katak jenis ini yang dibesarkan di penangkaran tidak mengembangkan racun di tubuh mereka, sehingga para ilmuwan memperhitungkan bahwa racun tersebut berasal dari tanaman yang dikonsumsi oleh para mangsa mereka di habitat asal mereka. Bagaimana, Sobat MICROBES? Tertarik melihat hewan ini secara langsung?

Sumber:

https://animaldiversity.org/accounts/Dendrobates_tinctorius/