Penulis: Vivian

Editor: Monica Evangelista

Hai, Sobat MICROBES! Kali ini bersama MIMI untuk membahas tentang fauna di sekitar kita. Pada hari ini, kita akan membahas tentang bahaya burung kasuari. Bahaya seperti apa ya kira-kira? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Burung kasuari merupakan burung besar yang tidak dapat terbang. Mereka berasal dari hutan tropis Asia Tenggara dan Australia. Di Indonesia, burung ini terdapat di Papua. Burung kasuari ini memiliki tinggi 2 m dan berat badan mencapai 60 kg. Burung kasuari, sama dengan binatang seperti buaya, singa dan lain-lain, dianggap sebagai binatang buas. Dari Guinness world record, Burung kasuari ini disebut sebagai burung paling berbahaya di dunia.

Mengapa begitu? Kaki berotot burung kasuari dapat mengemas tendangan yang kuat dengan tiga jari kaki berujung cakar. Panjang cakarnya mencapai 12 cm lho! Bila burung kasuari merasa terancam, ia akan melompat dan menyerang dengan cakar yang tajam dan menyebabkan luka yang berpotensi mematikan organ dalam hingga pendarahan yang hebat.

Dari kasus yang ada, burung ini pernah menyebabkan kematian seorang pemburu yang berusia 16 tahun dengan nama Phillip McClean yang tertendang ketika melarikan diri dari burung ini di Australia pada tahun 1926. Saat McClean jatuh di tanah, dia mendapatkan pukulan fatal di leher yang menyebabkan meninggal, Nah karena itu, ini adalah beberapa yang perlu kita ingat ketika bertemu dengan burung kasuari ini.

Hal pertama yang perlu diingat adalah agar tidak memberikan makan ke burung kasuari dan sembarangan membuang sampah yang dapat mendorongnya untuk mendekati orang. Hal kedua yang perlu diketahui adalah tempat yang anda kunjungi merupakan lingkup hidup burung kasuari atau tidak. Bila iya, sebaiknya tidak membawa anjing peliharaan anda karena anjing merupakan ancaman besar bagi mereka hingga mereka stres dan mulai bertindak agresif. Jika bertemu dengan burung kasuari yang mulai bertindak agresif, anda tidak diperkenankan untuk lari, sebaiknya mundur perlahan dan melindungi diri di balik pohon atau semak belukar. Bila anda mengenakan ransel atau tas, dapat dipindahkan ke depan untuk melindungi dada anda. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian menjadi lebih mengerti tentang bahaya burung kasuari?

Sumber:

https://www.guinnessworldrecords.com/news/2019/4/why-the-cassowary-is-the-worlds-most-dangerous-bird-568931

https://zslpublications.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1469-7998.1999.tb01206.x