Penulis: Javier Stuart

Editor: Natasya Geovani Andika

Hai, Sobat MICROBES! Hari ini Mimi ingin mengulas salah satu makhluk hidup yang bernama White Beaked Dolphin. Wah, dari namanya saja sudah terdengar unik. Ternyata ada, ya lumba-lumba bermulut putih. Mari kita telusuri lebih lanjut!

White Beaked Dolphin merupakan seekor lumba-lumba yang dikenal memiliki mulut yang berwarna putih. Pada umumnya, White Beaked Dolphin dapat tumbuh dengan panjang sebesar 2,4 hingga 3,1 meter dan bobot tubuh sebesar 180 hingga 360 kg. Namun, pada jenis lumba-lumba ini, jantan berukuran lebih besar daripada betina. Mulutnya terkadang bisa memiliki warna lain seperti abu-abu, tetapi tidak pernah berwarna hitam.

Selain dikenal dengan bentuk dan rupa seperti yang tertera diatas, mereka juga memiliki kemampuan untuk menyelam. Pada sebuah penelitian di Islandia, lumba-lumba tersebut mampu menyelam sedalam 45 meter selama 78 detik.

Lumba-lumba ini pada umumnya mengonsumsi ikan seperti ikan cod. Namun di lokasi tertentu seperti Skotlandia, lumba-lumba ini mengonsumsi cumi-cumi. Lumba-lumba ini biasanya ditemukan di daerah yang memiliki cuaca dingin seperti Greenland, Skotlandia, dan Islandia.

Wah, kelihatan menarik, ya Sobat MICROBES! Jadi, kalau kita sedang berlibur ke daerah Eropa, tepatnya di Skotlandia dan Islandia, jangan lupa untuk memotret hewan yang satu ini, ya!

Referensi:

Perrin WF, Würsig B, Thewissen JGM. 2008. Encyclopedia of Marine Mammals. Ed ke-2. Burlington, MA: Academic Press.