Penulis: Monica Evangelista

Editor: Natasya Geovani Andika

Hai, Sobat MICROBES! Kembali lagi bersama MIMI. Hari ini, MIMI akan membahas tentang minuman unik dari wilayah Balkan, nih! Minuman ini disebut Boza dan merupakan salah satu minuman fermentasi yang terbuat dari sereal. Sepertinya kalau di Indonesia, minuman ini agak asing, ya? Yuk kita bahas lebih lanjut!

            Minuman ini terbuat dari sereal (jagung, barley, beras, oat, gandum, dan millet) yang difermentasi dengan bakteri asam laktat dari genera Lactobacillus, Lactococcus, Pediococcus, Leuconostoc, dan ragi. Boza dikonsumsi setiap hari di wilayah Balkan, bahkan saking populernya, banyak penelitian yang dilakukan terhadap minuman satu ini untuk mengidentifikasi bakteriosin dan kemungkinan adanya probiotik yang diproduksi dari bakteri asam laktat yang digunakan dalam pembuatan Boza.

            Karakteristik dari Boza adalah rasanya manis dan asam, warnanya kuning muda, dan sedikit berbau alkohol. Minuman ini biasanya dikonsumsi saat musim dingin di negara Turki karena diklaim dapat memberikan energi. Nilai gizi tinggi dapat diperoleh dari sereal yang digunakan dalam pembuatan Boza, yaitu kandungan asam fenolik yang tinggi sehingga mampu membantu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

            Secara keseluruhan, Boza dianggap sebagai produk minuman yang sangat penting karena kaya akan serat, mineral, vitamin, dan karbohidrat yang mampu menjaga kesehatan tubuh manusia. Jadi, bagaimana, Sobat MICROBES? Tertarik untuk mencobanya?

Sumber:

Todorov SD, Botes M, Guigas C, Schillinger U, Wiid I, Wachsman MB, Holzapfel WH. 2007. Boza, a natural source of probiotic lactic acid bacteria. Journal of Applied Microbiology. 104(2): 465-477.

Yıldız G, Bayat G. 2019. The Special Fermented Turkish Drink: Boza. Journal of Tourism and Gastronomy Studies. 7(4): 2438–2446.