Penulis: Javier Stuart

Editor: Natasya Geovani Andika

Hai, Sobat MICROBES! Hari ini MIMI kembali lagi dengan sebuah info menarik, nih. Kali ini MIMI akan membahas seputar minyak atsiri dari buah, yaitu minyak atsiri dari buah lemon.

Minyak atsiri lemon sering digunakan di industri pangan dan kosmetik. Kandungan utama dalam minyak atsiri adalah R-limonene, γ-terpinene, pinenes dan monoterpene. Kandungan minyak atsiri dalam lemon oil ini sering digunakan dalam pemulihan stress fisik dan psikologis. Pengurangan stress secara psikologis sudah terbukti pada sebuah penelitian yang menggunakan tikus. Tikus-tikus yang digunakan diberi stress psikologis berupa mendengar tikus lain yang disiksa menggunakan electric shock. R-limonene dan γ-terpinene diberi pada tikus yang menerima stress psikologis tersebut dan ditemukan bahwa kedua senyawa ini mampu menghambat produksi hormon cortisol yang dihasilkan.

Selain bisa menenangkan stress, minyak atsiri lemon juga bisa membantu dalam melindungi kulit sebagai antioksidan. Ketika dilarutkan, maka kemampuannya sebagai antioksidan dari singlet oxygen (senyawa Reactive oxygen species) sangat kuat, sehingga minyak atsiri ini bisa digolongkan sebagai obat untuk melindungi kulit dari reaksi oksidasi.

Bagaimana, sobat MICROBES? Menarik, bukan? Jadi, kalau ingin mencari sebuah minyak ajaib, boleh banget pakai ini karena sudah terbukti bisa membantu kesehatan kalian dengan keunikannya. Namun, penggunaannya tetap mengikuti anjuran dari para ahli kesehatan, ya!

Daftar pustaka

Bertuzzi, G., Tirillini, B., Angelini, P., & Venanzoni, R. (2012). Antioxidative action of Citrus limonum essential oil on skin. European J of Medicinal Plants, 3(1), 1-9.

Fukumoto S, Morishita A, Furutachi K, Terashima T, Nakayama T, Yokogoshi H. 2008. Effect of flavour components in lemon essential oil on physical or psychological stress. J Stress and Health. 24(1):3–12.