Penulis: Monica Evangelista

Editor: Natasya Geovani Andika

            Hai, Sobat MICROBES! Kali ini Mimi mau mengenalkan kalian semua dengan buah yang unik nih, yaitu buah stroberi berwarna putih yang dinamakan white jewel atau permata putih. Stroberi kok warnanya putih? Penasaran kan? Yuk, kita simak penjelasannya!

            Buah stroberi permata putih ini pertama kali ditemukan di Jepang dan ternyata adalah hasil persilangan yang dilakukan oleh Yasuhito Teshima yang merupakan seorang petani stroberi. Ia mengaku sudah bertahun-tahun berusaha keras untuk menciptakan buah unik ini. Teshima mengatakan bahwa kebunnya di Prefektur Saga, Jepang adalah satu-satunya tempat di dunia yang menyediakan buah stroberi putih ini. Buah ini juga memiliki nama dalam Bahasa Jepang, yaitu Shiroi Houseki.

            Buah stroberi permata putih termasuk sebagai salah satu buah yang tergolong mahal karena rasa dan penampilannya yang unik serta menarik. Rasa buah ini manis menyerupai permen dengan sedikit rasa nanas. Teksturnya juga lembut dan ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan buah stroberi biasa.

            Stroberi white jewel ini harus tumbuh di tempat yang tidak terlalu terpapar oleh sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari yang terlalu banyak akan menyebabkan stroberi memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Banyaknya kandungan antosianin pada stroberi akan menyebabkan buah tersebut menjadi berwarna merah.

            Nah, seberapa mahal sih buah unik ini? Umumnya stroberi merah dibanderol dengan harga Rp. 84.082,00 per ons, sedangkan stroberi putih ini dibanderol dengan harga Rp. 141.381,00 per buahnya. Waduh, untuk beli satu kilogram saja kayaknya harus pikir-pikir, nih?

            Bagaimana, Sobat MICROBES? Tertarik untuk mencoba buah unik dan cantik ini?

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/3973690/stroberi-putih-dari-jepang-ini-harganya-fantastis-satu-buah-rp-140-ribu

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5047600/ini-white-jewel-stroberi-putih-yang-harganya-rp-140-ribu-per-buah