Penulis: Monica Evangelista

Editor: Jesslyn Regina

Halo, Sobat MICROBES! Hari ini, MIMI akan membahas tentang hewan lucu bertubuh gempal yang disebut “Tanuki” atau anjing rakun. Namun tahukah kalian, bahwa sebenarnya hewan ini bahkan tidak berhubungan sama sekali dengan rakun, terlepas dari kemiripan fitur tubuhnya?

Anjing rakun atau tanuki memiliki nama ilmiah Nyctereutes procyonoides dan termasuk dalam famili Canidae, alias keluarga anjing, sama dengan serigala ataupun rubah. Alasan mengapa ia diberi nama dalam bahasa jepang adalah karena ia merupakan hewan yang terkenal di Jepang, khususnya dalam cerita legenda dan mitos Jepang. Hewan ini juga berhabitat asli di Asia Timur.

Selain penampilan mereka yang mirip dengan rubah, suara mereka juga menyerupai rubah. Saat merasa gembira, mereka akan mendengking dan saat marah, mereka akan menggeram.

Hewan lucu ini berhibernasi di musim dingin dan secara berkelompok. Secara makhluk sosial, anjing rakun ini biasa hidup bersama pasangannya atau dalam kelompok-kelompok kecil. Saat hibernasi pun, mereka berpelukan dengan pasangannya atau kelompoknya. Tingkat metabolisme mereka berkurang hingga tinggal 25% saja saat mereka berhibernasi.

Tanuki merupakan predator oportunis yang artinya makanan mereka beragam dan dapat digolongkan sebagai omnivor. Hewan ini memiliki bulu yang halus dan lebat sehingga banyak diburu dan termasuk hewan langka karena sering dieksploitasi secara kejam. Biasanya bulu mereka diambil untuk dijadikan bahan dalam jaket bulu.

Wah, sayang banget ya! Semoga hewan imut ini tidak cepat punah karena perilaku manusia-manusia kurang bertanggung jawab ya, Sobat MICROBES! Bagaimana? Apakah kalian penasaran untuk melihat hewan ini?

Sumber:

https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-tanuki-c1c2