Penulis: Brigitta Olivia Selenia

Editor: Jesslyn Regina

Halo, Sobat MICROBES! Apakah kalian sudah pernah divaksin? Vaksin merupakan produk biologi yang diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu infeksi. Namun tahukah Sobat MICROBES bahwa terdapat tanaman yang dapat memproduksi vaksin?

Edible vaccine merupakan vaksin berupa tanaman atau hewan transgenik. Edible vaccine akan memproduksi antigen dan memberikan stimulasi terhadap sistem imun tubuh sehingga mampu bekerja layaknya sebuah vaksin. Tanaman transgenik berarti materi genetik dari sumber infeksi seperti virus atau bakteri akan disisipkan pada tanaman.

Jika dibandingkan dengan vaksin pada umumnya, edible vaccine memiliki harga produksi yang jauh lebih murah, efisien, dan juga aman untuk dikonsumsi. Kelebihan ini membuat edible vaccine menjadi suatu alternatif yang menjanjikan untuk mencegah berbagai  penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Sampai saat ini, berbagai edible vaccine masih terus dikembangkan. Terdapat beberapa faktor yang mampu mempengaruhi efikasi dari edible vaccine, yakni seleksi antigen, pemilihan tanaman, sistem pengiriman, dosis, dan juga kontrol keamanan. Walau merupakan makanan, edible vaccine perlu melalui regulasi obat dan harus lolos berbagai kriteria yang diberikan. Namun perlu diketahui juga, bahwa produk transgenik terkadang dapat menimbulkan efek samping seperti alergi dan hipersensitif.

Produksi edible vaccine sendiri dapat dilakukan melalui berbagai metode baik dengan menyisipkan gen target secara langsung seperti penggunaan gene gun, maupun secara tidak langsung dengan menggunakan bantuan bakteri. Beberapa tanaman yang sering digunakan sebagai model edible vaccine seperti kentang, beras, pisang, tomat, dan wortel. Sementara itu edible vaccine lainnya juga telah menggunakan algae, serangga, ragi, dan bahkan bakteri, lho Sobat MICROBES!

Edible vaccine juga sudah diaplikasikan lho! Beberapa aplikasi tersebut adalah vaksin malaria, hepatitis, AIDS, penyakit diare, dan juga antraks. Bagaimana Sobat MICROBES, apakah kalian tertarik untuk mengkonsumsi edible vaccine?

Sumber:

Kurup VM, Thomas J. 2020. Edible vaccine: promises and challenges. Molecular Biotechnology. 62(2020): 79-90. https://doi.org/10.1007/s12033-019-00222-1

Edible Vaccines- Plant Used, Steps, Advantages (thebiologynotes.com)