Penulis: Vivian

Editor: Monica Evangelista

Hai, sobat MICROBES! Kembali lagi dengan MIMI untuk membahas fauna yang ada di sekitar kita! Apakah kalian tahu mengenai hewan yang ada di gambar di atas? Hewan tersebut disebut sebagai sea sheep dan meski terlihat palsu, hewan ini benar-benar ada, lho! Kalian pasti penasaran tentang hewan dengan muka lucu yang satu ini. Yuk, kita simak tentang hewan ini!

Sea sheep, atau Costasiella kuroshimae, merupakan hewan sejenis siput laut. Hewan ini dapat ditemukan di berbagai tempat, yakni di Jepang, Indonesia, dan Filipina. Namanya, yakni kuroshimae, sebenarnya berasal dari tempat ditemukannya hewan ini di tahun 1993, yaitu di perairan pulau Kuroshima yang terkenal memiliki air yang jernih. Ukurannya sangat kecil, hanya sepanjang 5 mm. “Bulu” yang melingkupi hewan ini adalah rinofor, yang digunakannya untuk mendeteksi senyawa kimia yang terdapat di dalam laut sehingga ia dapat mencari makan.

Kemampuannya untuk melakukan fotosintesis disebabkan oleh proses kleptoplasty. Melalui proses kleptoplasty, hewan ini dapat menyerap kloroplas dari alga yang dikonsumsinya. Akibat kemampuannya tersebut, sea sheep ini juga mempunyai keunikan yang lain, yaitu bioluminesensi sehingga ia bisa berpendar di bawah laut.

Banyak peneliti yang mulai mencoba menggali lebih dalam mengenai hewan dengan wajah imut ini. Jadi, bagaimana, sobat MICROBES? Apakah kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sea sheep?

Sumber

https://www.thedodo.com/sea-sheep-leaf-slug-1259833755.html