Penulis: Monica Evangelista

Editor: Jesslyn Regina

Pasokan Jumlah Besar Bubuk Jamur Surai Singa Organik Ekstrak Surai Singa  Hericium Erinaceus - Buy Surai Singa Ekstrak Jamur,Hericium Erinaceus,Surai  Singa Jamur Bubuk Product on Alibaba.com

Halo, Sobat MICROBES! Pada minggu ini, MIMI akan membahas tentang jamur unik yang jarang dilihat di lingkungan sekitar kita, yaitu jamur surai singa! Seperti namanya, jamur ini memiliki penampilan menyerupai surai singa yang tebal. Penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang jamur ini? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Jamur surai singa ini memiliki nama ilmiah Hericium erinaceus, namun memiliki banyak julukan lain selain surai singa, yaitu jamur kepala monyet atau Yamabushitake. Jamur ini ditemukan di daerah Asia Timur. Selain penampilan jamur ini yang tergolong unik dan tak biasa, ternyata jamur ini juga memiliki sejarah panjang di dalam dunia medis lho! Salah satunya adalah dalam meningkatkan kesehatan saraf dan otak.

Jamur ini berpotensi besar dalam menyembuhkan kelainan saraf karena mengandung komponen neurotropik yang dapat juga dikatakan sebagai pelindung darah dalam otak. Komponen bioaktif tersebut dapat diekstrak dari bagian tubuh buah atau miselium jamur yang telah terbukti dapat dimanfaatkan sebagai zat antioksidan, antikanker, antidiabetes, anti radang, antimikroba, dan masih banyak lagi.

Zat Amycenone yang banyak digunakan dalam dunia media dalam obat antidepresan ternyata juga dapat ditemukan di dalam jamur surai singa ini, bahkan peneliti telah membuktikan bahwa serbuk tubuh buah jamur ini dapat meringankan depresi, kecemasan, frustrasi, dan juga palpitasi. Selain Amycenone, komponen bioaktif lainnya, seperti Hericenone dan Erinacine, juga ditemukan dalam tubuh buah dan miselium dari jamur Hericium erinaceus. Selain ketiga komponen itu, nyatanya banyak juga komponen bioaktif baru yang ditemukan dalam jamur ini, seperti ergosterol peroksida dan cerevisterol.

Amycenone yang ditemukan di dalam tubuh buah jamur ini merupakan zat yang menunjukkan aktivitas anti radang yang meringankan depresi pada pasien yang mengalami kondisi radang, sedangkan ekstrak etanol dari Hericium erinaceus yang mengandung Erinacine diketahui dapat menjaga kadar serotonin, noradrenalin, dan juga dopamin sehingga emosi seseorang dapat lebih terkontrol.

Secara singkat, kandungan yang ditemukan di dalam jamur surai singa ini menunjukkan banyak potensinya dalam pengobatan alternatif bagi pengidap depresi, namun para peneliti masih melakukan studi lebih lanjut mengenai jamur ini. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian juga tertarik untuk mencari tahu lebih mengenai jamur unik ini?

Sumber:

Chong PS, Fung ML, Wong KH, Lim LW. 2020. Therapeutic potential of Hericium erinaceus.

for depressive disorder. Int. J. Mol. Sci. 21(1): 163. DOI: https://doi.org/10.3390/ijms21010163