Penulis: Brigitta Olivia Selenia

Editor: Monica Evangelista

Halo, Sobat MICROBES! Apakah kalian gemar mengkonsumsi makanan seperti tempe dan kimchi, atau minuman seperti yogurt dan kombucha? Ya semua makanan tersebut merupakan produk hasil fermentasi. Tahukah kalian bahwa banyak produk pangan fermentasi mengandung probiotik? Yuk simak lebih lanjut!

            Pada mulanya, konsep probiotik tradisional mengacu pada konsumsi produk fermentasi susu yang mengandung bakteri asam laktat dan mampu meningkatkan kesehatan serta memperpanjang usia hidup pada masyarakat di Bulgaria. Saat ini, probiotik banyak dikaitkan dengan bakteri menguntungkan yang hidup dalam tubuh manusia.

            Next generation probiotics (NGPs) merupakan mikroorganisme yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan. Berbeda dengan konsep probiotik tradisional, NGPs memiliki efek yang lebih spesifik terhadap terapi pengobatan penyakit, menjadikan probiotik ini sebagai produk bioterapeutik hidup.

            Saat ini, analisis NGPs masih dalam tahap pengembangan. Produksi NGPs nantinya akan dilakukan dengan regulasi pengawasan untuk obat untuk memastikan keamanan dan standardisasi efeknya. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian tertarik untuk mencoba produk probiotik terbaru di masa depan nanti?

Sumber:

L TL, Chu CC, Lai WF, Tzeng CM, Lai HC, Lai HC. 2019. Investiture of next generation probiotics on amelioration of diseases – strain do matter. Medicine in Microbiology. 1-2(2019): 1-7. DOI: doi.org/10.1016/j.medmic.2019.1000002

Toole PWO, Marchesi JR, Hill C. 2017. Next generation probiotics: the spectrum from probiotics to live biotherapeutics. Nature Microbiology 2. 17057(2017): 1-6. DOI: 10.1038/nmicrobiol.2017.57