Penulis: Jennifer

Editor: Jesslyn Regina Alviana

Hai, Sobat MICROBES! Kali ini MIMI akan membahas mengenai fauna di sekitar kita. Pada hari ini, kita akan membahas hal-hal unik tentang Ratel. Kira-kira seperti apa ya? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Ratel adalah binatang yang termasuk ke dalam keluarga musang dan berkaitan dengan sigung, berang-berang, musang dan musang lainnya. Ratel ini memiliki nama lain yaitu musang madu. Hal ini dikarenakan ratel suka mengkonsumsi madu. Ratel memiliki panjang tubuh sekitar 55-77 cm dengan berat 9-16 kg untuk yang jantan dan 5-10 kg untuk yang betina. Ratel merupakan binatang omnivora karena memakan mamalia kecil dan mamalia besar seperti burung, reptil, serangga, bangkai dan buah-buahan. Mirip dengan sigung, ratel bisa mengeluarkan bau menyengatkan. Ratel akan mengeluarkan bau menyengatkan ketika berada dalam bahaya maupun karena ingin menyendiri.

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang kecil tetapi ratel sangat ganas bila dibandingkan dengan predator-predator seperti singa atau macan tutul. Menurut National Geographic, Ratel disebut sebagai binatang paling brutal di dunia dan menurut Guinness World Records, ratel merupakan binatang yang paling tidak mengetahui rasa takut.  Ratel memiliki kepribadian yang suka bertengkar karena sangat ganas dan rakus dalam berburu. Ratel akan menyerang apapun yang ada di depannya walaupun binatang tersebut memiliki bentuk tubuh yang lebih besar. Ratel tidak akan ragu untuk menyerang serigala, hyena, singa, macan tutul untuk merebut makanan binatang buas. Ratel dapat melawan binatang buas dikarenakan memiliki kulit kendur yang sangat tebal dan elastis yang bisa melawan balik walaupun dalam cengkeraman binatang buas. Kulit ratel ini dapat menghalangi serangan tombak maupun panah dan dapat juga menghalangi sengatan lebah.

Ratel memiliki kemampuan adaptasi yang sangat bagus sehingga membuatnya bisa hidup di lingkungan ekstrim seperti padang pasir ataupun padang rumput yang memiliki suhu yang sangat rendah. Ratel memiliki metabolisme yang sangat cepat yang merupakan salah satu penyebab yang membuatnya suka memburu dan makan terus.

Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian menjadi lebih mengerti tentang ratel?

Sumber

https://animals.sandiegozoo.org/animals/honey-badger-ratel

https://www.idntimes.com/science/discovery/afendi-nahak/10-fakta-menarik-honey-badger-binatang-yang-tidak-mengenal-rasa-takut-c1c2/10