Penulis: Vivian 

Editor: Monica Evangelista 

Cosmetic Brush for Applying Powder or Shimmer Lies on a Green Background  Stock Image - Image of abstract, cosmetics: 179925119

            Hai, sobat MICROBES! Kembali lagi bersama MIMI untuk membahas biologi yang ada di sekitar kita! Ikan adalah hewan akuatik yang biasa dipelihara atau diolah menjadi berbagai macam bahan pangan. Namun, apakah kalian tahu bahwa ikan juga digunakan untuk membuat produk kosmetik?

            Sisik ikan mengandung sebuah senyawa yaitu guanine. Senyawa tersebut yang memberikan efek reflektif dan shiny pada sisik ikan. Sisik ikan ini biasa dihancurkan dan dilakukan treatment dalam larutan HCl untuk mengekstraksi senyawa guanine yang nantinya digunakan untuk membuat produk-produk seperti lip gloss, lipstick, shimmer eyeshadow, highlighter, dan kutek.

            Sisik ikan ini membantu memberi efek iridescent pada berbagai produk kosmetik yang telah dijelaskan tadi. Akan tetapi, pasti akan timbul pertanyaan, apakah sisik ikan ini aman untuk digunakan pada produk yang akan bersentuhan langsung dengan kulit manusia? Jawabannya, tentu aman! Selain karena ada regulasi yang ketat dari BPOM di Indonesia atau FDA di Amerika, sisik ikan ini ternyata memiliki resiko yang sangat rendah untuk menyebabkan alergi. Maka, kalian jangan takut jika produk kosmetik yang kalian pakai mengandung sisik ikan! Jika kalian ingin tahu apakah produk kosmetik yang kalian gunakan mengandung sisik ikan, kalian bisa cek di bagian list bahan produk untuk CI 75170!

Jadi bagaimana, sobat MICROBES? Apakah kalian jadi penasaran produk yang selama ini kalian gunakan mengandung sisik ikan?

SUMBER

https://www.livethatglow.com/fish-scales-in-cosmetics/

https://davidpublisher.com/Public/uploads/Contribute/59a926c9f2050.pdf