Halo, Sobat MICROBES! Kembali lagi dengan MIMI yang akan membahas topik yang tidak kalah menarik, yakni mengenai salah satu hasil fermentasi yang dapat bekerja seperti obat. Nah, apa khasiat angkak sebagai obat? Mari kita bahas!

Angkak memiliki fungsi untuk menjaga jantung karena mengandung lovastatin. Lovastatin bisa dikatakan sebagai zat yang mirip dengan obat jantung. Angkak juga dapat mengatasi atau meringankan gejala yang ditimbulkan karena demam berdarah karena dapat menaikkan trombosit penderita demam berdarah.

Angkak dapat menurunkan tekanan tinggi pada darah karena memiliki senyawa GABA (gamma-aminobutyric acid) yang dapat menjaga keseimbangan gula dalam darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Selain itu, angkak juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami untuk menggantikan zat pewarna sintetis dan dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh.

Walaupun memiliki banyak manfaat, angkak tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui karena mengandung monacolin K yang bisa menimbulkan gangguan pada otot. Pengonsumsian angkak yang berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada hati sehingga ketika mengkonsumsinya, perlu diperhatikan kandungan yang terletak pada kemasan. Nah, bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian menjadi semakin paham mengenai angkak?

Sumber

https://www.cermati.com/artikel/angkak-merah-obat-mujarab-dari-tiongkok

https://ojs.unud.ac.id/index.php/BIO/article/view/8329