Penulis: Monica Evangelista

Editor: Jesslyn Regina

Hai, Sobat MICROBES! Kembali lagi bersama MIMI untuk membahas tentang biologi di sekitar kita. Pada hari ini, kita akan membahas tentang cacing tambang. Hewan apakah itu? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Cacing tambang merupakan salah satu cacing yang dapat menginfeksi manusia dan biasanya ditemukan dalam feses hewan peliharaan yang terinfeksi cacing tambang atau bahkan tanah yang telah terkontaminasi oleh cacing tambang. Telur cacing tambang dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit Cutaneous larva migrans (CLM). CLM merupakan sindrom infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis cacing tambang. Hal tersebut paling sering ditularkan oleh kotoran hewan yang menyimpan telur cacing di tanah, lalu setelah telur menetas larva akan memasuki manusia melalui kontak langsung dengan kulit.

Dalam kasus terparah, infeksi cacing tambang dapat menyebabkan komplikasi, seperti anemia hingga gagal jantung bagi manusia yang menderitanya. Bagi anak-anak, infeksi ini dapat membuat mereka mengalami keterlambatan pertumbuhan dan malnutrisi karena hilangnya protein. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat dari dokter.

Namun, daripada harus mengobati, lebih baik mencegah infeksi dengan cara mengenakan alas kaki di tempat umum seperti tanah, menggunakan sarung tangan atau tisu saat hendak membersihkan kotoran hewan peliharaan, dan mengecek kondisi hewan peliharaan secara berkala agar dapat dipastikan tidak ada ancaman infeksi cacing tambang. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian menjadi lebih waspada terhadap cacing tambang?

Sumber:

https://health.kompas.com/penyakit/read/2021/08/26/190000268/infeksi-cacing-tambang-

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK507706/