Penulis: Vivian

Editor: Monica Evangelista

Hai, Sobat MICROBES! Kembali lagi dengan MIMI untuk membahas tentang biologi yang ada di sekitar kita. Kita pasti sudah kenal dengan hewan siput, tetapi apakah kalian tahu bahwa lendir yang dihasilkannya ternyata sangat berguna untuk kulit? Kira-kira bagaimana cara kerjanya, ya? Yuk kita simak bersama-sama!

Lendir ini biasa dihasilkan oleh siput dalam keadaan stres untuk melindungi diri dari bahaya lingkungan sekitarnya. Saat ini, sudah terdapat banyak riset yang dilakukan untuk menemukan bahan-bahan yang bermanfaat dalam lendir siput untuk memperbaiki kesehatan kulit manusia. Bahan yang ingin disoroti kali ini adalah allantoin dan asam glikolat.

Allantoin merupakan salah satu bahan yang umum ditemukan di dalam produk kosmetik atau produk mandi. Senyawa ini dapat membantu meredakan gejala iritasi, membantu menghaluskan kulit, dan juga merangsang terjadinya regenerasi sel kulit. Sementara itu, asam glikolat adalah senyawa yang saat ini sedang menjadi primadona dalam dunia kesehatan dan kecantikan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuannya untuk membantu mengelupaskan sel kulit mati dan juga mengurangi garis-garis halus yang terdapat pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih muda dan cerah.

Meskipun manfaat-manfaat lendir siput ini terdengar sangat menggiurkan, kita masih harus berhati-hati sebelum memakainya karena bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu.  Oleh karena itu, penting kita melakukan uji alergi dengan cara mengoleskan sedikit produk di bagian lengan bawah sebelum menggunakannya pada seluruh wajah. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian jadi penasaran untuk mencoba menggunakan produk yang menggunakan lendir siput ini?

Sumber:

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0944200616301696

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/apakah-lendir-siput-efektif-untuk-kecantikan/%3famp=1