Penulis: Jesslyn Regina

Editor: Natasya Geovani Andika

Hai, Sobat MICROBES! Apakah kalian pernah mendengar perkawinan silang antara 2 hewan yang berbeda? Lalu, apakah kalian pernah mendengar Wolphin? Pasti belum, kan? Ayo, kita simak!

            Wolphin merupakan hewan hasil perkawinan silang antara lumba-lumba bottlenose (Tursiops truncatus) dengan paus pembunuh palsu(Pseudorca crassidens). Kalian pasti penasaran apakah Wolphin itu benar-benar perpaduan dari kedua hewan tersebut, kan? Jawabannya, ya, tes genetik menunjukan jika Wolphin memiliki genetik dari kedua hewan. Walaupun begitu, sebenarnya paus berkepala melon termasuk ke dalam lumba-lumba yang tergolong keluarga Delphinidae. Penyebutan paus pembunuh palsu berasal dari penampilan dan tengkorak yang menyerupai paus pembunuh, tetapi bersifat seperti lumba-lumba. Perkawinan silang ini dapat terjadi karena keduanya termasuk kedalam lumba-lumba dan memiliki hubungan spesies yang cukup dekat.

            Wolphin sangat langka ditemukan di alam, hanya 3 hewan yang telah dikonfirmasi sebagai Wolphin.  Wolphin ditemukan pada tahun 1985 di Hawaii Sea Life Park Aquarium dimana lumba-lumba bottlenose betina dengan paus pembunuh palsu diisolasi di satu tempat. Wolphin tersebut dinamakan Kekaimalu. Wolphin masih dapat menghasilkan keturunan. Kekaimalu dikawinkan dengan lumba-lumba bottlenose dan berhasil melahirkan 2 anak, akan tetapi satu hanya berumur 9 tahun dan satu lagi meninggal setelah beberapa hari dilahirkan. Lalu, bagaimanakah penampakan dari Wolphin? Wolphin memiliki warna kulit perpaduan dari warna abu-abu muda dari lumba-lumba dan warna hitam dari paus dengan ukuran yang lebih besar dari lumba-lumba. Bagaimana, Sobat MICROBES? Menarik, bukan?

Refrensi:

https://www.nbcnews.com/id/wbna7508288

https://news.sky.com/story/first-ever-wholphin-hybrid-spotted-in-wild-11455040

https://www.buzzfeednews.com/article/mbvd/wholphin-whale-dolphin-hybrid-ocean-mammal-new-species