Penulis: Vanessa Rachel

Editor: Natasya Geovani Andika

Hai, Sobat MICROBES! Kembali lagi bersama Mimi yang akan membahas tentang dampak kesepian bagi makhluk hidup. Di kondisi sekarang ini, sistem pembatasan kegiatan sedang dilakukan, bahkan beberapa negara ada yang menerapkan karantina secara keseluruhan dan mewajibkan seluruh warga untuk tetap di rumah hingga jangka waktu tertentu. Apa, sih, yang kalian rasakan ketika tidak dapat bertemu dengan teman-teman? Beberapa dari kalian mungkin merasa kesepian, bukan? Ternyata, lalat buah juga dapat mengalami hal tersebut, lho. Ingin tahu bagaimana suatu serangga dapat merasa kesepian? Yuk, simak artikel berikut!

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Wanhe Li membentuk sebuah lingkungan isolasi bagi lalat buah di sebuah tabung. Tabung yang berisi hanya seekor lalat buah tersebut dibiarkan selama seminggu. Ternyata, keadaan ini membuat si lalat buah memiliki pola tidur yang lebih pendek dan makan lebih banyak dibandingkan lalat buah di keadaan yang normal. Setelah diteliti lebih lanjut, hubungan antara kesepian dan perubahan perilaku datang dari sekelompok kecil sel otak bernama neuron P2.

Seperti halnya dengan manusia, Drosophila, atau yang kerap disebut dengan lalat buah, adalah makhluk sosial. Sehari-harinya, mereka hidup dalam kelompok untuk bertahan hidup. Akibatnya, keadaan terisolasi dapat mengubah perilaku lalat buah sebagai reaksi biologis dari kesepian.

Wah, penelitian yang menarik, ya, Sobat MICROBES? Walaupun begitu, isolasi tetap dibutuhkan karena keadaan. Jika kalian merasa kesulitan dan ingin berbicara dengan orang lain, segera hubungi keluarga dan teman terdekat kalian, ya!

Sumber:

https://www.rockefeller.edu/news/30860-lonely-flies-like-many-humans-eat-sleep-less/