Penulis: Monica Evangelista

            Halo, Sobat MICROBES! Kembali lagi bersama Mimi untuk membahas tentang makanan unik lainnya, nih! Kali ini, kita akan membahas tentang Surstromming, makanan asal Swedia dengan bau khas yang membuatnya masuk ke dalam jajaran makanan terbau di dunia. Penasaran, kan? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

            Surstromming adalah ikan Haring Baltik yang sedikit diasinkan dan dikemas dalam sebuah kaleng. Penambahan garam dilakukan sebagai tindakan pencegahan agar ikan Haring tidak membusuk selama proses fermentasi. Fermentasi dilakukan selama enam bulan lamanya hingga muncul rasa asam dan aroma yang menyengat dari makanan ini. Terlepas dari aroma yang menyengat seperti ikan busuk, menu ini tetap aman untuk dikonsumsi. Surstomming sendiri tersedia dalam dua versi. Dalam versi yang lebih tradisional, menu ini disajikan bersama kepala dan isi perut ikan, kemudian versi lainnya adalah ikan Haring yang isi perutnya sudah dikeluarkan dan disajikan tanpa kepala. Versi kedua disarankan bagi pemula yang baru saja ingin mencoba makanan unik ini.

            Surstromming biasanya banyak disajikan saat musim festival atau acara sosial lainnya. Kalengnya disarankan untuk dibuka di tempat yang terbuka agar aromanya tidak menyebar di dalam ruangan dan dicelupkan ke dalam ember berisi air untuk sedikit mengurangi aromanya. Konsumen disarankan menggunakan sarung tangan saat hendak mengonsumsinya karena sedikit saja cairan yang terkena ke tubuh mungkin akan menyebabkan bau yang berkepanjangan. Salah satu risiko saat mengonsumsi makanan ini adalah saat pembukaan kaleng. Tekanan udara di dalam kaleng selama masa fermentasi dapat menyebabkan kaleng meletup saat dibuka.

            Meskipun cukup tak biasa, makanan ini termasuk dalam tradisi masyarakat Swedia, lho! Bagaimana, Sobat MICROBES? Tertarik mencoba?

Sumber: