Media Informasi, Cerita, Referensi, Obrolan dan Berita Seputar FTb

Garlic, si Kucing yang “Dihidupkan” Kembali

Penulis: Natasya Geovani Andika

Editor: Vanessa Rachel

Hai, Sobat MICROBES! Kali ini Mimi akan membahas tentang seekor kucing lucu yang “dihidupkan” kembali. Lho, bagaimana bisa ia hidup kembali? Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

Pada tanggal 21 Juli 2019 lalu, perusahaan kloning Sinogene yang berlokasi di Beijing, Cina berhasil “menghidupkan” kembali Garlic, seekor kucing jenis British Shorthair milik Huang Yu yang telah mati akibat infeksi saluran kencing. Hal ini dilatarbelakangi oleh rasa sayang Huang Yu yang begitu besar terhadap Garlic sehingga ia memutuskan untuk membuat kloning kucing kesayangannya. Bahkan, Huang Yu berani menghabiskan biaya sebesar $35000 atau setara dengan 500 juta rupiah demi mendapatkan kembali Garlic yang baru.

  Garlic yang baru diciptakan dengan cara kloning sel somatik. Prosesnya dilakukan dengan mengambil DNA dari sel somatik Garlic yang mati, kemudian disuntikkan ke dalam embrio dalam rahim ibu pengganti. Ibu pengganti tersebut akan melahirkan Garlic yang baru dengan persentase kemiripan 90% dengan Garlic yang asli. Seluruh genetik yang ada pada Garlic yang baru berasal dari sel somatik yang sudah mati.

Disamping kesuksesan menciptakan kucing kloning ini, teknologi kloning masih menuai banyak kontroversi karena dianggap mengeksploitasi hewan dan mengambil keuntungan dari para pemilik hewan. Bagaimana pendapat kalian, Sobat MICROBES?

Sumber:

https://www.bbc.com/

https://nationalgeographic.grid.id/

« »