Media Informasi, Cerita, Referensi, Obrolan dan Berita Seputar FTb

Hákarl

Penulis: Monica Evangelista

Editor: Natasya Geovani Andika

-++++++++++++++++

Hai Sobat MICROBES! Kembali lagi bersama MIMI untuk membahas tentang makanan unik dari salah satu negara di dunia! Hari ini kita akan membahas tentang Hákarl, yaitu makanan khas dari Islandia. Kata “Hákarl” sendiri merupakan bahasa Islandia dari “hiu”. Makanan ini sering dijuluki sebagai makanan yang paling menjijikkan dengan bau menyengat di seluruh dunia. Wah, julukannya agak meragukan tapi bikin penasaran enggak, sih? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Makanan ini diperoleh melalui fermentasi daging hiu guna membasmi racun dari hiu yang tinggal di perairan dingin. Kepala, isi perut, dan tulang hiu disisihkan terlebih dahulu, kemudian daging yang tersisa akan dipotong-potong berukuran sedang dan dihimpit di bawah batuan agung selama enam hingga delapan minggu. Setelahnya, daging akan digali kembali dan digantung untuk diangin-anginkan selama dua hingga empat bulan. Bagian daging yang berwarna coklat akan dibuang, sedangkan daging yang berwarna putih akan diambil untuk dikonsumsi.

Nah, lalu mengapa makanan ini dinobatkan sebagai makanan paling menjijikkan dengan bau yang sangat menyengat? Itu semua dikarenakan oleh after-taste dari Hákarl yang terasa seperti larutan pembersih dengan bau amonia. Oleh karena itu, untuk mengatasi after-taste yang cukup unik tersebut, konsumen biasanya memakan Hákarl ditemani dengan Brennivín, alkohol kandungan sangat tinggi yang berasal dari Islandia.

Hákarl merupakan makanan tradisional Islandia yang sudah ada sejak masa suku Vikin menempati Islandia dengan metode pembuatan yang sama hingga sekarang. Hákarl menjadi salah satu hidangan di dalam festival þorrablót (baca: thorrablot), yang dirayakan di pertengahan musim dingin. Bagaimana, Sobat MICROBES? Apakah kalian tertarik untuk mencoba makanan unik ini?

Sumber:

http://p2k.unkris.ac.id/id3/3065-2962/Hakarl_97385_dharmaandigha_p2k-unkris.html#Pembuatan

« »