Penulis: Natasya Geovani Andika

Editor: Vanessa Rachel

            Hai, sobat MICROBES! Kali ini Mimi akan membahas tentang tanaman liar nan indah yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu Gomphrena globosa L. Tanaman ini juga telah dikenal sebagai tanaman obat dan sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Penasaran dengan tanaman berkhasiat satu ini? Yuk, kita simak bersama-sama!

            Gomphrena globosa L atau yang sering disebut sebagai bunga kenop merupakan tanaman liar yang termasuk dalam famili Amaranthaceae yang tumbuh pada daerah yang memiliki sinar matahari yang cukup dengan ketinggian hingga 1400 m di atas permukaan laut. Umumnya, bunga kenop yang sering dijumpai memiliki warna ungu. Namun, bunga ini juga memiliki warna lain seperti putih dan merah. Karena bunganya yang cantik, tanaman ini juga sering ditanam sebagai tanaman hias. Bunga kenop memiliki panjang sekitar 10-15 cm dan ditemukan di daerah Cina dan Amerika bagian tengah.

            Bunga kenop telah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Tanaman ini dipercaya dapat menangani masalah kesehatan, misalnya inflamasi, penyakit pernapasan, hipertensi, dan kanker. Hal ini dikarenakan tanaman ini, terutama bagian bunganya mengandung banyak senyawa aktif seperti fenol, kumarin, glikosida, steroid, dan betasianin. Menurut penelitian yang ada, kandungan betasianin pada bunga kenop tergolong tinggi, yaitu sekitar 1,3 mg/g bunga kenop. Betasianin ini merupakan pigmen berwarna merah-ungu yang sifatnya larut air. Pigmennya memiliki manfaat kesehatan sebagai antioksidan, antimikroba, dan juga antiinflamasi.

            Cara konsumsi bunga kenop adalah dengan merebusnya dengan air mineral hingga larutan berubah warna menjadi merah keunguan, kemudian diminum. Karena bunga kenop ini dapat memberikan warna yang menarik, bunga ini juga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Bunga kenop juga dapat diekstrak dan dicampurkan ke dalam adonan makanan, misalnya dalam pembuatan es krim. Dengan demikian, selain sebagai pewarna makanan, penambahan ekstrak bunga kenop juga dapat memberikan manfaat kesehatan.

            Bagaimana, sobat MICROBES? Ternyata bunga kenop ini selain cantik, manfaat yang dimilikinya juga banyak, bukan?

Daftar Pustaka

Drobnicka N, Sutor K, Jamro AK, Kucab AS, Antonik M, Dziedzic E, Swiergosz, Ortyl J, Wybraniec S. 2020. Phytochemical molecules from the decarboxylation of gomphrenins in violet Gomphrena globosa L. – floral infusions from functional food. Int J Mol Sci. 21(22):8834.

Ginting RB, Wartini NM, Wrasiati LP. 2020. Karakteristik ekstrak pewarna alami bunga kenop (Gomphrena globosa L.) pada perlakuan ukuran partikel dan lama maserasi serta korelasi antar variable. J Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 8(3):448-459.

Lestaridewi NK, Jamhari M, Isnainar. 2017. Kajian pemanfaatan tanaman sebagai obat tradisional di desa Tolai kecamatan Torue kabupaten Parigi Moutong. J Ilmiah Pendidikan Biologi. 5(2):92-108.

Veronica E, Suyantari SAA, Swari WD, Purwaningrum NMA, Satyarsa ABS, Jawi IM, Sudarsa PS. 2020. Effectiveness of antibacterial extract of kenop (Gomphrena globosa) flower extract against growth of Propionibacterium acnes bacteria. Indonesian J for Health Sciences. 4(2):115-120.