Penulis: Natasya Geovani Andika

Editor: Vanessa Rachel

Hai, sobat MICROBES! Kali ini, Mimi akan berbagi info menarik, nih mengenai lumba-lumba di sungai Amazon. Pada umumnya, lumba-lumba yang kita temui berwarna abu-abu. Nah, ternyata, ada juga lho lumba-lumba yang berwarna pink! Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

Inia Geoffrensis, atau yang umum disebut sebagai bufeo atau boto, merupakan lumba-lumba yang termasuk dalam famili Iniidae. Ciri khas dari boto yaitu tubuhnya yang berwarna merah muda. Lumba-lumba ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dimana untuk lumba-lumba jantan, panjangnya bisa mencapai 2 m dan untuk betina panjangnya berkisar antara 1,75 hingga 1,9 m. Sementara itu, bayi boto umumnya memiliki panjang 80 cm. Berat dari hewan ini juga bisa mencapai 150 kg untuk boto betina dan 185 kg untuk boto jantan. Boto juga dikenal memiliki tubuh yang kuat dan fleksibel.

Lumba-lumba pink ini dapat ditemukan di perairan air tawar, yakni sepanjang sungai Amazon. Umumnya, boto hidup berkelompok atau berpasangan. Hewan ini juga tergolong perenang yang lambat, dimana kecepatan renangnya hanya berkisar antara 1,5-3,2 km/jam. Boto juga sering menampakkan diri ke permukaan sungai, contohnya dengan melompat ke permukaan air. Selain itu, diketahui bahwa hewan ini memiliki umur yang panjang, yakni dapat hidup hingga 30 tahun. Boto hidup dengan memangsa ikan-ikan kecil, terutama ikan yang termasuk dalam famili Cichlidae, Characidae, dan Sciaenidae.

Sayangnya, lumba-lumba pink sungai Amazon ini terancam punah akibat ulah manusia. Tindakan manusia yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah perburuan boto secara luas dan dibangunnya pembangkit listrik tenaga air di habitat boto ini. Dengan dibangunnya pembangkit listrik tenaga air, maka varietas ikan-ikan yang ada di sungai tersebut menjadi terbatas sehingga menyebabkan boto kekurangan makanan. Hal inilah yang memicu terjadinya kepunahan boto.

Sobat MICROBES, sayang sekali, ya bila makhluk yang unik dan lucu ini harus terancam punah akibat ulah manusia. Oleh sebab itu, mari turut melindungi kekayaan dan keragaman alam kita karena dibalik keindahan alam ini, ada makhluk-makhluk yang perlu kita jaga dan lestarikan.

Sumber:

https://marinemammalscience.org/facts/inia-geoffrensis/

Silva VMFD, Martin AR. 2018. Amazon river dolphin: Inia geoffrensis. Di dalam: Wursig B, Thewissen JGM, Kovacs KM. Encyclopedia of Marine Mammals. Ed ke-3. London(UK): Academic Press. Hal. 21-24.