Penulis: Jesslyn Regina

Editor: Vanessa Rachel

Hai, Sobat MICROBES! Kalian pasti pernah mendengar zombie bukan? Apakah kalian tau jika semua manusia memiliki gen zombie?

            Sebagian dari kita mungkin tidak berpikir kalau zombie adalah sesuatu hal yang nyata, bukan? Akan tetapi, baru-baru ini para ilmuwan dari Universitas Illinois Chicago menemukan jika otak masih hidup meski manusia tersebut telah tiada. Sel yang dinamakan Zombie atau sel glial ini akan aktif dan membentuk tentakel ketika manusia meninggal. Penemuan ini ditemukan ketika postmortem pada jaringan otak penderita epilepsi yang sudah meninggal diambil. Pengambilan sel otak pada seseorang yang dioperasi otak adalah hal yang biasa dilakukan. Setelah 12 jam kematian, sel glial akan terus bertumbuh dan membentuk ukuran maksimum dimana tentakel akan terbentuk seperti lengan.

              Sel glial akan muncul ketika sesuatu yang salah seperti kematian terjadi. Walaupun begitu, manusia tidak akan berubah menjadi zombie dan menginfeksi orang lain. Sel glial akan membesar dan membersihkan seluruh cedera otak seperti stroke dan sel otak yang sekarat. Sel ini akan stabil dalam waktu 24 jam dan tidak terdapat perubahan kembali, selanjutnya tubuh akan melakukan proses biologis pembusukan. Saat ini, sel glial masih diteliti untuk digunakan sebagai pengobatan penyakit pada otak seperti alzheimer, schizophrenia dan autisme.

Sumber:

https://www.sciencealert.com/confused-zombie-cells-spring-to-action-after-a-human-brain-die

https://olhardigital.com.br/en/2021/03/25/science-and-space/life-after-death-scientists-discover-zombie-cells-in-the-human-brain/

https://www.sciencedaily.com/releases/2021/03/210323131230.htm#:~:text=In%20the%20hours%20after%20we,the%20University%20of%20Illinois%20Chicago.