Penulis: Monica Evangelista

Editor: Natasya Geovani Andika

Sarung tangan elektronik penerjemah bahasa isyarat

Hai, sobat MICROBES! Kalian pasti tahu kalau penyandang disabilitas tuli dan bisu biasanya berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, bukan? Sekarang ada teknologi baru nih, yaitu sarung tangan isyarat! Sarung tangan ini akan melakukan translasi bahasa isyarat menjadi suara untuk mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi karena terbatasnya orang yang memahami bahasa isyarat.

Sarung tangan ini mampu menerjemahkan alphabet (A-Z) dan angka (1-9) berdasarkan standar ASL (American Sign Language) serta dilengkapi dengan lima buah sensor Fleks dan Inertial Measurement Unit (IMU) yang dapat mendeteksi posisi dan gerakan tangan. Sensor Fleks berfungsi untuk mendeteksi gerakan tiap jari, sedangkan IMU berfungsi untuk mendeteksi posisi tangan di sumbu x, y, dan z. Kemudian nantinya penggabungan data dari kedua sensor tersebut akan menggunakan metode sensor fusion.

Operator fusion (gabungan) yang digunakan dalam sarung tangan ini adalah operator IF-THEN (Jika-Maka) yang berfungsi untuk jari tangan dan klasifikasi ASL, serta operator Kalman Filter yang berfungsi untuk membaca hasil IMU. Sayangnya, untuk sekarang sarung tangan ini baru bisa melakukan translasi ke bahasa Inggris.

Bagaimana, sobat MICROBES? Tertarik untuk mengembangkan sarung tangan ini lebih lanjut?

Sumber:

Saputra MZ, Basjaruddin NC, Sutjiredjeki E. 2019. Pengembangan Sarung Tangan Elektronik Penerjemah Bahasa Isyarat Dengan Metode Sensor Fusion. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. 10(1):483–489.