Penulis: Natasya Geovani Andika

Editor: Vanessa Rachel

Halo, Sobat MICROBES! Kali ini Mimi akan membahas mengenai kecap unik, yaitu Cacao Jang, kecap yang memiliki rasa cokelat. Kalian tentunya sudah sangat familiar bukan dengan kecap? Ya, kecap merupakan cairan kental atau encer berwarna hitam yang umumnya terbuat dari kacang kedelai hitam dan sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Kecap biasanya memiliki rasa asin atau manis yang khas. Nah, bagaimana jadinya apabila kecap tersebut memiliki rasa cokelat? Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

Cacao Jang merupakan perpaduan antara dua jenis produk fermentasi, yaitu cokelat yang berasal dari hasil fermentasi biji kakao dan kecap yang berasal dari hasil fermentasi kedelai hitam. Produk ini dirintis oleh Yuasa Soy Sauce yang berlokasi di Jepang. Dalam pembuatan kecap cokelat ini, Yuasa Soy Sauce berkolaborasi dengan TomoƩ Saveur, salah satu perusahaan cokelat di Jepang dan Erithaj, perusahaan cokelat yang berlokasi di Prancis. Proses pembuatan Cacao Jang dilakukan dengan merendam biji kakao yang telah dipanggang ke dalam kecap Kuyo Murasaki, kemudian difermentasikan dalam kurun waktu tertentu.

Cacao Jang yang dijual memiliki dua varian berdasarkan teksturnya, yaitu pasta halus dan kasar (crunchy). Berdasarkan informasi yang beredar, disebutkan bahwa Cacao Jang memiliki rasa umami kecap yang berpadu dengan rasa dan aroma cokelat. Untuk harganya, produk ini dijual seharga Rp 220.000,00 per toplesnya.

Sobat MICROBES, bagaimana pendapat kalian mengenai kecap rasa cokelat ini? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Sumber:

www.cnnindonesia.com