Media Informasi, Cerita, Referensi, Obrolan dan Berita Seputar FTb

Labu

Penulis : Lucia Idelia Ulina Tindaon

Editor : Dennys Kurniawan Lianto 

Halo sobat MICROBES! Kalau sobat MICROBES mendengar kata “labu kuning”, kira-kira apa yang akan kalian pikirkan? Kalau Mimi sih terpikir Halloween ya, apalagi hari peringatannya, yaitu 31 Oktober, tinggal 2 minggu lagi. Tapi, tahukah sobat MICROBES, selain menjadi ikon khas halloween, labu kuning juga memiliki segudang manfaat loh. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak artikel ini!

Labu kuning (Cucurbita moschata) diketahui kaya akan kandungan kalium dan beta-karoten. Selain itu, labu juga mengandung kalsium, magnesium, vitamin B, C, dan E. Kandungan vitamin pada labu kuning diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Vitamin C berperan untuk mempercepat pemulihan luka, vitamin E merupakan antioksidan yang baik serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menjaga kelembaban kulit. Sedangkan beta-karoten, yang akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A, dapat melindungi kulit terhadap adanya risiko terbakar sinar matahari, terutama pada orang-orang dengan kulit sensitif terhadap sinar matahari.

Secara khusus, labu kuning juga dapat membantu menurunkan berat badan lho. Labu kuning dapat menjadi makanan alternatif yang dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Dalam satu mangkuk labu kuning, terdapat sekitar 3 gram serat, dimana angka tersebut tergolong tinggi. Makanan yang tinggi akan serat akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, labu kuning mengandung 50 kalori dan tidak berlemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet. 

Jika sobat MICROBES hendak mengonsumsi labu kuning, Mimi menyarankan agar labu kuning diolah dengan cara direbus atau dikukus ya, agar kandungan nutrisinya tidak banyak terdegradasi. Sekian artikel web dari Mimi hari ini, sampai jumpa di artikel web berikutnya ya!

Daftar Pustaka

Dhiman AK, Sharma KD, Attri S. 2009. Functional constituents and processing of pumpkin: A review. J Food Sci Technol. 46(5): 411-417.

Junita D, Setiawan B, Anwar F, Muhandri T. 2017. Komponen gizi, aktivitas antioksidan dan karakteristik sensori bubuk fungsional labu kuning (Cucurbita moschata) dan tempe. J Gizi Pangan. 12(2): 109-116.

www.bbcgoodfood.com

www.sains.kompas.com

« »