Penulis: Jesslyn Regina

Editor: Lucia Idelia Ulina Tindaon

Hai, sobat MICROBES! Apakah kalian pernah mendengar/mengetahui istilah Krionika? Krionika merupakan sebutan terhadap proses pembekuan jenazah dalam suhu rendah untuk dihidupkan kembali. Konsep dari krionika adalah seseorang dapat dihidupkan kembali asalkan otak, kepribadian, dan memori dapat direkonstruksi kembali dari struktur yang tersisa. Banyak yang percaya dengan menggunakan teknologi masa depan, organ yang telah rusak dapat kembali direkonstruksi dengan nanoteknologi molekuler.

Bagaimana proses krionika ini berlangsung? Ketika seseorang meninggal, sekelompok tim akan datang mengambil jenazah tersebut, menstabilkan tubuhnya, lalu men-supply otaknya dengan oksigen dan darah yang cukup agar otak tidak mati sebelum sampai ke tempat pembekuan. Tubuhnya akan disuntikkan antikoagulasi untuk mencegah pembekuan darah. Selain itu, air yang terdapat pada sel akan dikeluarkan dan diganti oleh cryoprotectant (campuran dari gliserol) agar sel tubuh tidak membeku dan membentuk kristal. Tahap terakhir, jenazah akan ditaruh pada suatu alas dari dry ice dan dibekukan hingga suhu -130 ◦C, lalu dimasukkan ke sebuah tank yang diisi dengan cairan nitrogen bersuhu -196◦C hingga dihidupkan kembali.

            Banyak orang yang sudah mendaftar untuk mengikuti krionika ini. Namun, harganya sangat mahal dan banyak menuai kritik mengenai percobaan ini. Mungkin saja di masa depan para peneliti berhasil mengembangkan teknologi yang dapat merekonstruksi sel hancur menjadi hidup kembali. Jadi, apakah sobat MICROBES sudah tertarik untuk mendaftar?

Sumber:

https://interestingengineering.com/science-or-scam-9-things-you-should-know-before-you-sign-up-for-cryonic-suspension

https://science.howstuffworks.com/life/genetic/cryonics1.htm Best BP. 2008. Scientific justification of cronics practice. Rejuvenation Res. 11(2): 493-50