Penulis: Jesslyn Regina

Editor: Lucia Idelia Ulina Tindaon

Hai, sobat MICROBES! Pernahkah kalian berimajinasi, bagaimana jika satu pohon dapat menghasilkan berbagai macam jenis buah? Apakah itu mungkin? Ya, tentu saja mungkin. Penasaran kan? Yuk kita simak!

Tree of 40 fruit diciptakan oleh Sam Van Aken, seorang profesor seni yang mengajar di New York’s Syracuse University. Ia mengembangkan pohon ini selama kurang lebih 9 tahun. Pohon ini tentunya sangat unik karena kemampuannya untuk menghasilkan 40 buah berbeda, tak seperti pohon pada umumnya. Buah yang dihasilkan sangat beragam, sebut saja buah persik, aprikot, plum, ceri, dan nektarin. Lalu bagaimana pohon ini diciptakan? Pohon ini diciptakan dengan menggunakan prinsip pencangkokan, yaitu dengan melakukan pemotongan pada kuncup pohon buah dan menyatukannya pada cabang batang lateral bawah pada pohon yang sudah ditentukan. Cabang dari pohon yang berbeda akan tumbuh dan menyesuaikan hidup dengan kondisi iklim dan tanah di daerah tersebut.    

Saat musim semi, pohon 40 buah ini terlihat sangat indah, karena ada beraneka ragam bunga dari berbagai varietas buah yang bermekaran dari pohon ini. Akan terdapat bunga dengan warna merah jambu, merah tua dan putih. Ketika musim panas datang, pohon ini akan berbuah. Jika kalian penasaran dengan pohon ini, kalian dapat menemukannya di Arkansas, Kentucky, Maine, Massachusetts, New Jersey, New York, dan Pennsylvania.

Sumber:

https://www.elitereaders.com/art-professor-creates-tree-that-can-bear-40-different-types-of-fruit/

https://edition.cnn.com/2015/08/03/living/tree-40-fruit-sam-van-aken-feat/index.html#:~:text=The%20%22Tree%20of%2040%20Fruit,%2C%20plums%2C%20cherries%20and%20nectarines.