Thermo Gun, Berbahayakah?

Penulis: Natasya Geovani Andika

Editor: Lucia Idelia Ulina Tindaon

https://lh4.googleusercontent.com/-f1CSe90KanSMGJijyedXoy06RHoyMNNQRBihgGVPQ8UKLWsn-zRogU7iq7GPi0DWsngpQ1VVRxX5ZjzuG4Ts9THJ_Jpz7RUMKN7SUSfaG89IiSaD7FPHIl5LPfytunq3QeQN0Q

Hai, sobat MICROBES! Pada masa pandemi ini, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya thermo gun, bukan?  Ya, thermo gun merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi suhu. Akhir-akhir ini, thermo gun sering digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh sebelum kita memasuki tempat umum, misalnya restoran dan mall. Nah, belakangan ini sering muncul pertanyaan-pertanyaan mengenai keamanan penggunaan thermo gun. Sebenarnya, apakah penggunaan thermo gun ini aman untuk tubuh kita? Yuk, kita simak bersama!

Thermo gun merupakan alat pengukur suhu yang berbentuk seperti pistol. Cara penggunaannya sangat sederhana, yakni dengan menembakkannya ke arah dahi dan hanya dalam hitungan detik, suhu tubuh sudah terukur. Akhir-akhir ini beredar isu yang mengatakan bahwa thermo gun dapat membahayakan fungsi otak karena laser yang ditembakkan dari alat tersebut ke dahi manusia. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Thermo gun tidak menggunakan laser, tetapi inframerah sehingga tidak berbahaya. Inframerah yang digunakan ini tidak memancarkan radiasi sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada sistem saraf maupun retina. Selain itu, penggunaan thermo gun ini juga sudah melalui beberapa uji kesehatan sebelum diaplikasikan secara umum sehingga alat ini sudah terjamin keamanannya. 

Untuk mengetahui keamanan thermo gun lebih lanjut, kita perlu mengetahui cara kerja dari thermo gun ini. Alat ini bekerja dengan cara menembakkan inframerah ke objek yang akan diukur suhunya. Kemudian, thermo gun akan menangkap sinar inframerah yang dipantulkan oleh objek tersebut dan dideteksi oleh detektor suhu. Data yang diperoleh oleh detektor ini akan ditampilkan dalam bentuk angka yang menyatakan suhu objek tersebut. Proses ini berlangsung dengan cepat sehingga hanya memerlukan waktu yang singkat untuk memperoleh data suhu objek yang diukur. Nah, berdasarkan cara kerjanya, penggunaan thermo gun tidak memberikan efek apapun terhadap tubuh manusia karena sinar inframerah yang ditembakkan hanya mengenai permukaan tubuh dan dipantulkan kembali.

Jadi, penggunaan thermo gun ini tidak berbahaya ya, sobat MICROBES.  

Sumber:

https://nationalgeographic.grid.id/