Benarkah Konsumsi Kimchi Bisa Cegah Virus Corona?

Penulis : Lucia Idelia Ulina Tindaon

Editor : Dennys Kurniawan Lianto

Hai sobat MICROBES! Kalian pastinya sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang dibuat dari beragam sayuran, seperti kubis, lobak, sawi putih, dan jahe. Kimchi sendiri juga merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi di Korea Selatan. Uniknya, makanan ini diolah dengan cara difermentasi lho. Nah, tapi apakah kalian tahu, ternyata di Korea Selatan makanan ini terbukti turunkan angka kematian akibat COVID-19 lho! Penasaran? Yuk baca sampai habis ya!

Pada sebuah penelitian di Prancis mengenai preferensi diet di negara-negara dengan angka kematian COVID-19 yang rendah, didapatkan fakta bahwa dengan mengonsumsi pangan dengan kubis fermentasi, salah satunya Kimchi, ternyata dapat menurunkan risiko terkena COVID-19. Hal ini dapat terjadi karena kubis fermentasi yang dikonsumsi dapat mengurangi kadar Angiotensin Converting Enzyme 2 (ACE2), enzim pada paru-paru yang digunakan virus Corona untuk masuk ke dalam tubuh seseorang. Otomatis jika jumlah ACE2 pada paru-paru semakin rendah, maka akan semakin sulit juga virus Corona masuk ke tubuh pasien. Terbukti dengan tingkat kematian akibat COVID-19 di Korea Selatan yang hanya sebesar 2,14% dari jumlah orang yang terinfeksi (13.771 orang).

            Pada tahun 2015, terbukti Kimchi efektif menyembuhkan pasien virus MERS-CoV di Korea Selatan. Adanya bakteri asam laktat pada Kimchi dapat “melindungi” dari virus tersebut dengan cara meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) pada usus. Selain itu, kubis fermentasi mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi lho. Lalu, adanya proses fermentasi juga dapat menghasilkan probiotik yang mendorong adanya microbiome pada usus dan tentunya dapat membantu tubuh memiliki sistem kekebalan yang baik. 

Selain itu, Kimchi juga cocok dikonsumsi oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Bakteri baik pada kimchi membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah pada tubuh.

         Harus diingat bahwa mengonsumsi Kimchi dapat mencegah Covid-19 dan meningkatkan kesehatan. Namun, kimchi tidak dapat menyembuhkan Covid-19. Oleh sebab itu, kita harus mengonsumsi makanan sehat seperti kimchi ini! Sehat selalu ya sobat Microbes!

Sumber :

https://food.detik.com/info-sehat/d-5101701/kimchi-turunkan-angka-kematian-covid-19-di-korsel-ini-faktanya/