Microchip Pada Manusia??

Penulis: Jesslyn Regina

Editor: Lucia Idelia Ulina Tindaon

         Hai, sobat MICROBES! Mimi mau tanya, apakah kalian pernah mendengar microchip yang diimplan ke manusia? Wah, keren bukan? Kalian penasaran kan? Nih, Mimi kasih infonya ya. Check it out!

Microchip implant merupakan chip berukuran micro yang terbuat dari kaca dan dapat diimplan ke dalam tubuh manusia (biasanya di tangan) tanpa memerlukan proses operasi yang rumit. Microchip implant mempunyai banyak manfaat seperti melacak seseorang, merekam detail medis, dan lebih aman dalam menjaga informasi-informasi penting. Microchip ini sudah diaplikasikan (diimplan) pada 3000 warga Swedia dan terbukti banyak dari mereka yang merasa lebih praktis, karena seluruh data dan identitasnya terdapat di chip tersebut.

Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana jika microchip yang ditanam ini bergerak karena terbawa oleh arus aliran darah? Microchip ini terbungkus oleh selubung polietilen yang akan menempel dengan kulit dan jaringan, sehingga migrasi chip tidak akan terjadi. Selain itu, chip ini sendiri tidak menggunakan baterai atau senyawa kimia untuk bekerja. Chip ini akan aktif oleh frekuensi radio kecil dari pemindai ekslusif sehingga chip ini dapat hidup dalam waktu lama. 

Lalu bagaimana microchip ini ditanam dan apa resikonya? Microchip ini akan disuntikkan dengan jarum intravena khusus yang sudah dilengkapi dengan chip yang sudah dipasang sebelumnya dan steril. Chip ini disuntikkan ke daerah bawah kulit di bagian otot pada lengan atas. Proses penyuntikan dan penanaman hanya membutuhkan beberapa detik. Sebelum digunakan pada manusia, microchip ini sudah diuji coba pada beberapa hewan, seperti anjing dan ikan. Hasilnya, terjadi penyakit kanker pada bagian kulit yang ditanam chip. Dengan adanya penanaman microchip ini memungkinkan adanya ancaman pelanggaran privasi pada data tersebut. Hal seperti ini tentu dapat terjadi ketika microchip diambil alih oleh pemerintah dan terjadi pencurian data. 

Sumber:

https://scielo.conicyt.cl/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0718-27242008000100015

https://www.researchgate.net/publication/45503358_Human_Microchip_Implantation_Human_Microchip_Implantation_Human_Microchip_Implantation