Air Laut Berwarna Biru?

Penulis: Jesslyn Regina Alviana

Editor: Lucia Idelia Ulina Tindaon

 

Halo Sobat MICROBES! Tiap kali kalian melihat laut, biasanya air laut berwarna biru kan? Padahal air yang biasanya kita lihat berwarna bening. Tetapi apakah kalian tahu mengapa air laut dapat berwarna biru, bukan bening?

            Warna air yang biasa ditangkap manusia adalah bening. Tetapi, sebenarnya air laut dapat berwarna biru jika kita perhatikan dengan baik. Sinar matahari dapat menyebarkan warna pada air sehingga intensitas sinar akan mempengaruhi warna air laut. Cukup disayangkan, karena adanya pencemaran laut, sehingga laut yang berwarna biru dan jernih sudah jarang ditemukan.

            Air laut dapat berwarna biru karena adanya kandungan garam yang tinggi, fitoplankton dalam lautan, serta adanya pantulan dari cahaya dan warna langit. Pertama, adanya kandungan garam yang tinggi membuat air laut terlihat seakan berwarna biru. Semakin tinggi kandungan garamnya, maka warna air laut akan terlihat semakin gelap. Kedua, adanya fitoplankton pada dasar dan permukaan lautan juga mempengaruhi warna laut. Selain fitoplankton, banyaknya ikan dan karang menyebabkan cahaya sulit untuk diserap, sehingga menyebabkan warna air yang sebenarnya tidak terlihat dan warna laut berwarna biru tua. Terakhir, langit yang berwarna biru dipantulkan oleh air laut yang sebenarnya berwarna bening. Meski demikian, warna biru dari langit tidak akan terpantul dengan baik jika ada banyak biota yang hidup dalam laut.

Sumber:

https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/laut/mengapa-air-laut-berwarna-biru

https://oceanpulse.id/kenapa-laut-berwarna-biru/