Studi Banding Microbes x Viaduct

Penulis : Kezia Irawan

Penyunting : Gracesica Florencia

Pada bulan Juni kemarin, Microbes berkesempatan untuk mengadakan kegiatan studi banding dengan organisasi pers Fakultas Hukum Unika Atma Jaya,Viaduct. Viaduct yang berarti jembatan ini memang digunakan sesuai dengan arti namanya, yaitu sebagai jembatan antara mahasiswa dengan Fakultas maupun pimpinan di atasnya. Tak jarang juga artikel yang dikeluarkan digunakan sebagai sarana untuk menyuarakan opini yang ada. Tak hanya itu, Viaduct juga sering meliput dan membahas berita-berita hangat seputar Fakultasnya ataupun berita dari dunia luar yang dibahas dari sudut pandang hukum. 

Viaduct memaparkan berbagai bentuk penulisan dengan wadah yang berbeda-beda untuk menyampaikan pendapat dan minat bakatnya. Ada yang khusus untuk menyalurkan bakat-bakat seni seperti puisi, ada juga majalah untuk “anggota-anggota baru” yang belum diangkat menjadi anggota sepenuhnya. Ada pula majalah sederhana yang diterbitkan secara cepat untuk mengulas berita terkini agar tidak ketinggalan update media. 

Kami juga bertukar pandang terhadap struktur organisasi, di mana terdapat beberapa perbedaan. Viaduct terdiri atas ketua, pemimpin redaksi, sekretaris bendahara, kepala divisi (kadiv) liputan, kadiv layout, kadiv tata usaha, koordinator buletin, koor. nada minor, dan koor. website. Selain itu, Viaduct memberikan tanggung jawab kepada jurnalis muda untuk menerbitkan dan mengurus majalahnya sendiri sebagai salah satu syarat untuk menjadi bagian dari Viaduct.

Pada bulan September lalu, Viaduct baru saja menerbitkan buletin yang berjudul “Kesenjangan Berlarut”. Penasaran dengan buletinnya? Silahkan baca di Sekretariat FTb lt. 6, Unika Atma Jaya Kampus III BSD.