SAPI MENGHASILKAN ASI ? KOK BISA ?

Oleh : Gabriela Anggasta Buhali

Penyunting : Gracesica Florencia

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi bagi bayi yang mengandung banyak imunoglobin A (IgA). ASI berfungsi untuk pertahanan tubuh bayi dalam melawan beberapa penyakit. Sekarang ini, ASI yang biasa diproduksi oleh manusia dapat juga diproduksi oleh sapi.

Ilmuwan China menyatakan bahwa teknologi yang digunakan untuk memodifikasi sapi sehingga dapat menghasilkan ASI adalah dengan cara kloning. Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk menghasilkan susu bergizi tinggi bagi masyarakat karena ASI pada susu sapi kloningĀ  mengandung antibakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam eksperimennya dibutuhkan 300 sapi kawin silang yang disisipkan gen manusia. Eksperimen ini tidak dapat menghasilkan susu sapi dengan kandungan ASI murni, tetapi hanya menghasilkan sekitar 60% susu sapi yang mengandung lisozim dan laktoferin yang keduanya merupakan kandungan utama pada ASI.

Susu sapi dari sapi kloning tentu sudah melewati tes keselamatan oleh para pekerja di peternakan sapi perah Universitas dan dinyatakan bahwa susu ini dapat dikonsumsi. Menurut mereka, rasa yang dihasilkan dari susu tersebut lebih kuat dan manis.

Hingga saat ini, susu yang mengandung ASI dari sapi kloning ini belum dijual secara bebas di pasaran karena masih perlu dilakukan beberapa uji. Kalian penasaran gak sih sama rasa susunya ? Hmm.. semoga susu ini cepat dijual di pasaran ya..

 

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Air_susu_ibu

https://www.liputan6.com/tekno/read/338965/wah-sapi-transgenik-memproduksi-asi?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1657078/sapi-direkayasa-genetik-agar-hasilkan-susu-asi

https://www.kaskus.co.id/thread/5b31fe5dd44f9fcd668b457a/10-eksperimen-persilangan-manusia-dengan-hewanjadinya-malah-begini/